Cara perawatan tanaman aquarium air tawar

Posted on
Hasil gambar untuk tanaman aquarium hd
aquarium

Menambahkan tanaman hidup ke aquarium tidak hanya dapat mempercantik tampilan aquarium,tanaman memberikan ikan tempat untuk berteduh,makanan untuk ikan vegetarian dan mencegah air menjadi hijau.Tumbuhan juga menyerap karbondioksida ,limbah pada air,meningkatkan kadar oksigen dalam air,serta meningkatkan pertumbuhan ganggang,cacing kecil,rotifera dan protozoa,yang merupakan makanan hidup untuk ikan.

Nah,sekarang yang jadi pertanyaan,bagaimana caranya agar tanaman hidup tersebut dapat tumbuh sehat dalam aquarium yang kita miliki..

1.PENCAHAYAAN

Pencahayaan penting jika ingin tanaman air anda tumbuh dengan subur.Tanaman air membutuhkan cahaya 12-14 jam setiap hari,sama seperti di alam atau habitatnya.Banyak pendapat yang berkembang mengenai berapa intens cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman hidup,tetapi umumnya 3-5 watt per galon (1 galon = 3,78541 liter)sudah cukup baik.

2.NUTRISI

Tanaman aquarium air tawar juga membutuhkan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan hijau.Nutrisi untuk memberi makan tanaman berasal dari ikan di aquarium,anda bisa menambahkan ikan lebih banyak jika diperlukan.Pemupukan juga mudah,karena tanaman dapat secara alami menggunakan limbah ikan sebagai pupuk.Anda dapat menambahkan pupuk pabrikan saat anda mengganti air,tetapi sebaiknya jangan terlalu sering.

3.SUHU AIR

Bagaimana dengan suhu air ? Sebagian besar tanaman aquarium air tawar tumbuh subur pada suhu di antara 22 derajat celcius dan 25 derajat celcius. PH air juga penting untuk diperhatikan,idealnya antara 6,8 hingga 7,8.

4.SIPUT

Siput adalah komponen alami lain yang dapat menjaga kesehatan ekosistem aquatik secara keseluruhan.Siput dapat membersihkan makanan dan ganggang kecil pada tanaman air,karena mereka merayap di atas daun dan sekitar tanaman.Tetapi,beberapa siput sebenarnya dapat menyebabkan masalah.Ramshorn,kolam,dan spesies lain lebih suka memakan daun daripada membersihkannya,hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang tidak di inginkan pada tanaman.untungnya,cukup mudah untuk membuang siput yang bermasalah.Cukup letakan daun selada di permukaan air untuk memancing siput,setelah siput terkumpul di daun,kita tinggal mengambilnya saja.

5.MENAMBAHKAN TANAMAN BARU

Sebelum menempatkan tanaman baru di akuarium,bilas secara menyeluruh tanaman dalam air hangat untuk menghilangkan serangga yang tidak di inginkan.

6.MEMILIH TANAMAN AQUARIUM AIR TAWAR

Tanaman sehat memiliki akar yang kokoh dan daun yang kencang,jadi inilah yang harus anda cari ketika membeli tanaman air.Hindari tanaman yang mengeluarkan bau aneh,terutama umbi,karena itu merupakan indikasi bahwa tanaman tidak sehat dan mungkin tidak akan tumbuh dengan baik setelah ditempatkan di aquarium anda.

 

Untuk meningkatkan pertumbuhan baru yang sehat,cukup singkirkan daun yang sudah mati saat muncul ke permukaan,berhati-hatilah agar tidak merusak akarnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *