CARA BUDIDAYA IKAN MAS KOKI UNTUK PEMULA

Posted on

CARA BUDIDAYA IKAN MAS KOKI UNTUK PEMULA

Banyak orang yang suka memelihara ikan hias dirumahnya,entah itu sebagai dekorasi atau memang menjadi hobi.Tidak heran kalau permintaan ikan hias di pasaran tidak pernah anjlok dan harganya relatif stabil.Selain sebagai hobi,ternyata merawat ikan ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.Untuk anda yang ingin mencoba peruntungan dalam budidaya ikan hias,terutama ikan mas koki.Mari simak ulasan berikut :

BUDIDAYA IKAN HIAS

Secara umum,ikan hias terbagi dalam dua jenis,yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.Kedua jenis ini mempunyai cara budidaya yang berbeda pula,jika ikan hias air tawar dapat di budidayakan pada kolam maupun akuarium,sedangkan untuk jenis air laut hanya dapat di budidayakan pada aquarium atau kolam dengan air asin.Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membagikan cara beternak ikan hias air tawar.

Banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang dapat di budidayakan,untuk penanganannya cukup mudah dan dapat dilakukan pada media kolam ataupun aquarium.Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan hias air tawar yang populer dan mudah untuk di budidayakan,diantaranya yaitu :
– Ikan Cupang
– Ikan Guppy
– Ikan mas Koki
– Ikan Koi
– Ikan Oscar
– Ikan Arwana

Dari beberapa jenis di atas,salah satu yang paling populer adalah budidaya ikan mas koki.Ikan hias ini memiliki bentuk dan tampilan yang menarik,selain itu perawatannya juga cukup mudah.Tidak heran kalau ikan ini banyak peminatnya.

PEMILIHAN INDUKAN IKAN MAS KOKI

Ciri-ciri indukan ikan mas koki yang baik untuk dilakukan pemijahan yaitu memiliki panjang tubuh berukuran minimal 7cm atau seukuran telur bebek yang telah berumur lebih dari 7 bulan.Jika dilihat secara fisik,indukan yang baik memiliki bentuk tubuh yang ideal,berekor lebar,memiliki sirip tegak pada saat bergerak,kepala berukuran kecil dan sisiknya tidak rontok.

Jika anda ingin menghasilkan larva dengan warna yang beragam,maka sebaiknya anda mencari indukan berwarna polos tetapi berbeda antara jantan dan juga betinanya.Untuk melakukan proses pemijahan ini,pastikan indukan yang dipilih punya tubuh yang sehat,lincah dan juga sudah berumur matang.

CIRI-CIRI INDUKAN JANTAN

1.Jika bagian perutnya di urut,maka akan mengeluarkan cairan berwarna putih dan itu merupakan cairan pada indukan jantan.
2.Indukan jantan memiliki tanda benjolan kecil berwarna putih pada bagian tutup insang atau terkadang juga terdapat pada sirip’
3.Memiliki dubur berbentuk oval dan berukuran kecil

ikan mas koki jantan
Ikan Mas Koki

CIRI INDUKAN BETINA
– Jika pada bagian perutnya di urut maka akan mengeluarkan cairan kuning berbentuk telur.
– Memiliki perut yang lebih besar.
– Memiliki dubur berbentuk bulat dan besar.

 

CARA PEMIJAHAN IKAN MAS KOKI

Pada tahap pemijahan,anda siapkan aquarium atau kolam dan isi dengan air bersih.Kemudian endapkan selama semalaman dan letakkan tanaman eceng gondok didalam kolam yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan telur-telur ikan mas koki tersebut.

Selanjutnya,masukkan indukan yang telah dipersiapkan ke dalam aquarium atau kolam.Biasanya proses pemijahan ini terjadi pada sore hari dan ke esokan paginya telur-telur sudah menempel pada tanaman eceng gondok.
Kemudian indukan sudah dapat dipindahkan ke kolam penampungan agar dapat dilakukan pemijahan pada bulan berikutnya.Setelah itu,biarkan telur-telur tersebut hingga menetas dan jaga suhu ruangan agar tidak terlalu ekstrim dan juga jauhkan dari pemangsa.

PROSES PENETASAN TELUR

Telur dapat menetas selama lebih dari 2 hari,namun jika masih ada telur yang belum menetas,maka akan membusuk dan ditumbuhi jamur.Pastikan saat terjadi pembuahan,suhu aquarium harus tetap terjaga antara 24 hingga 28 derajat celcius.Alangkah baiknya larva-larva tersebut diberi suplai oksigen.Sehingga asupan oksigen yang dibutuhkan dapat tercukupi.Selain itu,pada proses ini harus terkena paparan sinar matahari atau sebagai alternatifnya bisa menggunakan lampu.

 

Itulah sebagian panduan yang mudah budidaya ikan mas koki di aquarium maupun dikolam,semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba beternak ikan hias ini.TERIMAKASIH

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *